Schlumbergera Truncata

Schlumbergera truncata termasuk salah satu kaktus yang tidak berduri, bisa ditanam di pot atau pot gantung sebagai tanaman hias dengan bunga yang menarik. 

Batangnya terdiri dari ruas-ruas yang pipih dengan gerigi yang jelas dan tegas di sepanjang tepian kiri dan kanannya, mungkin ini alasan kenapa ada yang menyebut kaktus ini sebagai kaktus kepiting.

Batangnya yang hijau tua terlihat mengkilap dan terasa halus saat diraba. Ujung batangnya seperti yang terpotong atau terputus lalu tersambung dengan ruas berikutnya.

Ruas batang yang baru tumbuh awalnya berwarna kemerahan lalu menjadi hijau.

Perbanyakannya paling mudah melalui stek batang, potong 2 atau 3 ruas batang lalu biarkan luka bekas potongan tersebut mengering dan tertutup, baru tanam. Bahkan dari satu ruas batang pun bisa ditanam dan tumbuh batang baru.

Perawatannya tidak sulit, meski tergolong kaktus, tanaman ini akan lebih nyaman disimpan di tempat teduh dengan cahaya sinar matahari tidak langsung. Paparan sinar matahari yang terus menerus bisa membuat tanaman terlihat pucat dan warnanya pun jadi kekuningan.

Komentar