Pemangkasan Sukulen Aloe Juvenna

Sukulen alloe juvenna (tiger tooth aloe) berikut ini sempat agak lama dipindahkan ke tempat teduh dan kurang mendapatkan cahaya sinar matahari, akibatnya tanaman tumbuh meninggi, jarak antar daun yang semula rapat jadi jarang, dan bentuk segitiga daunnya pun tinggi memanjang beda dengan daun di bagian bawah yang lebih pendek.

Pot akan dipindahkan ke yang terang, tapi sebelumnya bagian batang yang meninggi tersebut akan dipangkas untuk perbanyakan, harapannya bisa tumbuh cabang baru baik yang tumbuh dari bawah maupun di sekitar batang yang dipotong.

28/11, pemangkasan
Ada 4 pot tanaman yang akan dipotong, sengaja keempatnya disiram dulu 3 hari sebelumnya agar media tanam kondisinya tidak terlalu kering.

Batang yang akan dipotong jelas terlihat, tidak tertutup daun, jadi tidak ada daun-daun di sekitar batang yang perlu dibuang, batang bisa langsung dipotong dengan gunting.

Pot_1
Pot_2
Pot_3
Pot_4
Setelah dipotong, beberapa daun pada potongan batang dibuang sampai tinggi batang dirasa cukup untuk ditanam.

Potongan batang disimpan dalam wadah kering, biarkan selama beberapa hari sampai luka bekas potongan kering dan tertutup.

4/12 batang ditanam
Tidak sengaja, batang tanpa akar disimpan cukup lama, baru ditanam 5 hari setelah dipotong, luka bekas potongan sudah kering dan tertutup, kondisi daun dan batang masih segar.

Menanam batang tanpa akar untuk alloe juvenna ini cukup mudah, cukup ditancapkan di media tanam.

Selesai ditanam, menunggu perkembangan berikutnya.

Komentar