Crassula Ovata Variegata

Sukulen berdaun lebar ini termasuk salah satu tanaman hias yang populer, ada yang menyebutnya tricolor jade, crassula ovata tricolor, atau tanaman giok tiga warna

Daunnya tebal berdaging, berbentuk bulat telur lonjong. Menariknya dari sukulen ini adalah warna daunnya, variasi hijau krem kuning muda dengan permukaan daunnya yang halus. Bila mendapatkan cahaya sinar matahari yang cukup, akan muncul warna kemerahan di tepian daun.

Daun tumbuh berpasangan berlawanan, masing-masing pasangan tegak lurus dengan pasangan daun berikutnya.

Batangnya tebal dan bercabang pendek. Batang yang belum tua atau baru tumbuh berwarna seperti warna daunnya.

Dengan bertambahnya usia tanaman, batang menjadi coklat berkayu dengan garis-garis horisontal berwarna kecoklatan dan terlihat keriput seperti yang mengelupas.

Tergolong sukulen yang mudah tumbuh dan perawatannya pun tidak sulit, disimpan di tempat teduh dengan cahaya sinar matahari tidak langsung. Bisa ditanam di pot, bahkan kalau tanaman tersebut sudah tua akan terlihat seperti pohon.

Hama yang sering menyerangnya adalah kutu putih terutama di pucuk daun dan pangkal cabang batang, untuk itu perlu rutin untuk memeriksa dan mengangkat hama tersebut.

Perbanyakannya paling mudah dan cepat dengan cara stek batang. Potong batang yang sehat, biarkan beberapa hari sampai luka bekas potongan kering dan tertutup baru ditanam.

Pemangkasan batang pada crassula ovata biasanya dilakukan selain dimaksudkan untuk perbanyakan, juga agar tumbuh cabang baru sehingga tanaman terlihat padat rimbun.

Komentar